Banyak orang menganggap Jurusan Administrasi adalah jurusan yang hanya sebatas mempelajari pemberkasan dan penyusunan dokumen saja, padahal  jurusan administrasi mempelajari kajian yang lebih luas, seperti bagaimana cara menjalankan sebuah organisasi/institusi. Jurusan ini membekali mahasiswanya dengan kemampuan untuk merancang, mengendalikan, dan mengorganisasikan suatu instansi dengan tujuan tertentu. Selain itu, mahasiswa Administrasi Niaga mempelajari proses pengelolaan perusahaan nirlaba agar tetap stabil dan semakin berkembang. Mahasiswa fokus kepada proses operasi, logistik, keuangan, pemasaran, bahkan sumber daya manusia. Materi kuliah yang ditemui seputar perilaku organisasi, kebijakan dan strategi operasi, perilaku konsumen, perencanaan dan pengendalian keuangan, kapita selekta bisnis, kepemimpinan bisnis, manajemen pelayanan, dll.

Di Indonesia, pada umumnya jurusan ini memiliki banyak nama, berbeda-beda di setiap universitas namun tetap memiliki fokus kajian yang sama. Nama-nama jurusan tersebut diantaranya adalah Ilmu Administrasi, Administrasi Bisnis, Ilmu Administrasi Niaga, dan Ilmu administrasi Niaga/Bisnis. Mahasiswa administrasi bisnis akan mempelajari manajemen, pengelolaan sumber daya manusia, akuntansi, perpajakan, marketing (pemasaran), sampai hukum bisnis.

Perbedaan dengan Manajemen

Apabila seorang mahasiswa sudah bergabung di  suatu perusahaan,  akan sulit membedakan dasar ilmu yang  mereka  miliki. Namun jika ditinjau dari teori nya, ada perbedaan yang sangat mendasar, terutama dari ilmu yang dipelajari mahasiswa saat kuliah.

Mahasiswa manajemen maupun mahasiswa administrasi bisnis sama- sama mempelajari pemasaran, hukum, bisnis, manajemen, ekonomi, akuntansi, keuangan, hukum dan etika.

Mahasiswa manajemen lebih fokus kepada  sesuatu yang berkaitan dengan manajemen, kepemimpinan, manajemen sumber daya manusia serta operasional personel. Mahasiswa yang mengambil jurusan manajemen akan lebih difokuskan dengan mempelajari sisi analisis, perencanaan serta operasi bisnis. Secara istilah, manajemen mempunyai arti yaitu suatu proses untuk mengatur dan mengawasi sesuatu atau orang.

Mahasiswa administrasi bisnis lebih fokus menjalankan suatu bisnis yang sukses, oleh karena itu mahasiswa administrasi bisnis akan dibekali ilmu  perencanaan bisnis, penelitian bisnis dan teori, kewirausahaan dan lain sebagainya. Tidak menutup kemungkinan mahasiswa ilmu administrasi bisnis mendalami ilmu  administrasi bisnis seperti   manajemen, sumber daya manusia, ataupun kewirausahaan.

Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa lulusan administrasi mempunyai keahlian dalam spesialisasi perencanaan, sedangkan lulusan manajemen mempunyai keahlian dalam mengatur secara general.

Leave a Reply

Your email address will not be published.