Administrasi Pendidikan

Pada hakikatnya, jurusan administrasi Pendidikan memiliki bidang yang sama seperti jurusan lainnya yang menginduk pada ilmu administrasi, yaitu pengintegrasian segala aktivitas kelembagaan, perencanaan, dan pengelolaannya untuk mencapai tujuan organisasi/institusi. Perbedaan mendasar adalah mahasiswa jurusan administrasi Pendidikan di khususkan untuk Lembaga Pendidikan/sekolah atau di dalam institusi Pendidikan. Lulusan jurusan administrasi Pendidikan berkompetensi untuk menjalankan tugas sebagai Tata Usaha atau bagian administrasi di lembaga pendidikan.

Kompetensi lain yang diharapkan dimiliki oleh mahasiswa jurusan ini adalah mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok. Selain itu mahasiswa dibekali etika untuk dapat bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

Mahasiswa Administrasi Pendidikan dibekali ilmu mengajar untuk dapat mentransfer ilmu yang dimiliki. Apabila lulusan adninistrasi pendidikan ingin menjadi pengajar/dosen, mereka harus mempunyai sertifikat mengajar terlebih dahulu. Sertifikat mengajar dapat diperoleh setelah mahasiswa lulus kuliah. 

Pendidikan Administrasi Perkantoran

Jurusan Pendidikan administrasi perkantoran berkiblat pada bidang administrasi perkantoran atau biasa disebut dengan kesekretariatan. Namun demikian, lulusan dari jurusan ini tidak serta merta menjadi seorang sekretaris. Lulusan jurusan Pendidikan administrasi perkantoran ini disiapkan untuk menjadi tenaga pengajar mengenai administrasi perkantoran di jenjang Pendidikan menengah dan kejuruan. Selain materi kependidikan, mahasiswa akan dibekali dasar-dasar ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam bidang korespondensi, manajemen kearsipan, manajemen perkantoran, dan manajemen personalia. Lulusan jurusan ini akan bergelar sarjana Pendidikan (S.Pd).

Leave a Reply

Your email address will not be published.